Dakwah islam, Penyejuk Hati

Sabtu, 15 Oktober 2016

Kamu Bisa Menabung Hingga 500 Ribu Tiap Bulan Jika Menerapkan 7 Hal Ini

Menabung gaji sampai 25 persen, bukannya susah? Eits… jangan ragu dulu dong, banyak cara kok untuk menyimpan 25 persen gajimu setiap bulan. Asalkan rajin mengirit pengeluaran, kamu bisa menyimpan pendapatanmu untuk banyak hal,

seperti investasi untuk hari tua, simpanan bagi kebutuhan mendadak, serta kebutuhan lainnya. Banyak ‘kan manfaatnya? Oleh sebab itu, kali ini IDNtimes akan merangkum tujuh hal penting untuk menghemat 500 ribu dari pemasukan, khusus buat kamu. Yuk, kita simak! 

1. Buat akun terpisah untuk menabung

Agar bisa berkonsentrasi dalam menyimpan uang, sebaiknya kamu membuat akun terpisah untuk menabung. Hal ini dilakukan supaya uang di tabunganmu gak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Biasakan untuk menabung sebelum uangnya terpakai

Setelah membuka rekening khusus untuk menabung, sekarang saatnya kamu menyimpan uangmu sebelum terpakai. Begitu menerima gaji, langsung simpan 25 persennya di rekening tabungan. Ingat, tabungan itu bukan sisa dari gaji, namun uang yang sengaja kamu simpan dari awal. Jadi jangan sampai tergoda untuk menggunakannya, ya! 

3. Bedakan antara kemauan dan kebutuhan 

Seringkali kita gak bisa membedakan antara kemauan dan kebutuhan, sehingga uang pun habis untuk hal-hal yang yang sebenarnya gak dibutuhkan. Sayang ‘kan? Padahal uang tersebut bisa kamu simpan di tabungan.

4. Cari berbagai macam promo dan diskon

Coba deh, kamu perhatikan pengeluaranmu selama ini. Biasanya, hal apa sih yang paling banyak menguras dompetmu? Yakin deh, jawabannya pasti makanan! Soalnya, susah banget untuk mengerem pengeluaran kalau udah menyangkut hal yang satu ini. Apalagi kalau kegiatan di kantor lagi padat, rasanya laper terus-terusan dan mau jajan ini-itu!
Nah, berhubung gak semua orang bisa menahan lapar ataupun sempat menyiapkan bekal dari rumah, kamu pun harus mencari cara untuk menyiasati hal ini. Salah satunya ialah dengan mencari promo, seperti yang diberikan oleh Kulina. Katering yang satu ini menyajikan menu makanan lezat dan mengenyangkan, dengan harga terjangkau untuk anak-anak kantoran. Satu lagi, bisa langsung diantar ke kantor, lho! Ajak aja teman-teman kantormu untuk rame-rame memesan dengan memasukkan kode voucher IDN100 saat bertransaksi.  Kamu akan mendapatkan diskon Rp 100,000 untuk minimum pembelian Rp 300,000. Jadi, gak perlu boros lagi deh buat beli makanan!

Agar kamu gak kebablasan belanja, buatlah daftar prioritas setiap bulannya, mulai dari yang terpenting sampai yang tidak terlalu mendesak. Misal, di beberapa poin paling atas kamu bisa menulis ‘bayar listrik’ dan ‘beli pulsa’. Barulah di poin-poin bagian bawah kamu menulis hal-hal lainnya, seperti ‘sepatu sneakers’ atau ‘kemeja kerja’. Selalu ingat juga untuk berpegang teguh pada daftar prioritas yang telah kamu buat. Jika kamu setia dengan daftar tersebut setiap bulannya, IDNtimes yakin kamu bisa menabung dengan lebih mudah. 

6. Tetapkan tanggal setiap kali mau berbelanja

keyword-suggestions.com
Setelah membuat daftar prioritas, sekarang saatnya menentukan tanggal untuk berbelanja. Dalam satu bulan tetapkan satu atau dua hari untuk belanja; selain hari tersebut kamu dilarang untuk mengeluarkan uang di luar kebutuhan pokok. Hal ini bertujuan untuk menjaga hasrat berbelanjamu yang sulit untuk dikontrol. Tapi harus tetap pakai budget ya, supaya pengeluarannya gak membludak! 

7. Selalu track pemasukan dan pengeluaran 

Supaya gak ‘besar pasak daripada tiang’, pastikan untuk selalu mencatat segala pemasukan dan pengeluaranmu sehar-hari. Dengan begitu, kamu gak akan tutup mata tentang berapa banyak uang yang telah dipakai. Kamu juga bisa menahan diri ketika ingin membeli barang-barang yang sebenarnya gak diperlukan. 
Nah, terapkan tujuh hal ini supaya kamu bisa menyimpan 500 ribu dari gajimu setiap bulannya. Ingat, hemat itu pangkal kaya. Selamat menabung!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kamu Bisa Menabung Hingga 500 Ribu Tiap Bulan Jika Menerapkan 7 Hal Ini

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.