Dakwah islam, Penyejuk Hati

Jumat, 19 Agustus 2016

Inilah Alasan Kenapa Dzikir Dianjurkan Menggunakan Ruas Jari Tangan

merupakan salah satu ibadah sunnah. Dengan berdzikir, kita akan selalu ingat kepada Allah SWT. Dengan dzikir pula, kita sudah dinilai dengan ibadah sunnah. Berdzikir adalah hal yang dibutuhkan manusia. Sama halnya ikan membutuhkan air. Manusia juga membutuhkan dzikir. 


Dalam perjalanan hijrah ke Madinah, Rasulullah memerintahkan kepada seorang shahabiyah untuk berdzikir dengan ruas jari. Nabi memerintahkan kaum wanita agar selalu membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. Semua itu agar dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Karena di Hari Kiamat kelak, ruas-ruas jari tangan tersebut akan dimintai keterangan dan dituntut untuk berbicara. 
Rasulullah juga ketika berdzikir menggunakan ruas-ruas jari tangan untuk menghitung. Mengenai penggunaan tasbih, para ulama juga ada yang membolehkan dan ada yang menganggapnya sebagai bid'ah.

Untuk itu mulai sekarang, biasakanlah menggunakan ruas-ruas jari tangan ketika berdzikir. Kelak ketika hari kiamat, tangan kita bisa memberi saksi bahwa semasa kita hidup, kita menggunakan tangan kita untuk berdzikir, menyebut nama Allah SWT.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Alasan Kenapa Dzikir Dianjurkan Menggunakan Ruas Jari Tangan

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.